Invalid Date
Dilihat 71 kali
Pemerintah desa memiliki peran penting dalam mengelola keuangan publik yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pemahaman yang komprehensif mengenai pengelolaan keuangan desa yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan sangatlah krusial. Pada tanggal 26 Mei 2025, sebuah Workshop Pengelolaan Keuangan Pemerintahan Desa diselenggarakan di Hotel The Rizen Premier Puncak.
Workshop ini dirancang untuk membekali para aparatur desa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam mengelola keuangan desa secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Fokus utama pelatihan ini adalah pada penerapan peraturan perundang-undangan terbaru yang terkait dengan pengelolaan keuangan desa.
Peserta workshop diberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pengelolaan keuangan desa, termasuk perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan. Selain itu, workshop juga membahas mengenai mekanisme pengawasan dan pengendalian internal untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan korupsi.
Pelaksanaan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola keuangan desa secara profesional dan bertanggung jawab. Dengan demikian, dana desa dapat dimanfaatkan secara optimal untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi desa yang berkelanjutan. Diharapkan pula, pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa.
Penulis: JhieSar
Bagikan:
Desa Nagrak
Kecamatan Gunung Putri
Kabupaten Bogor
Provinsi Jawa Barat
© 2025 Powered by PT Digital Desa Indonesia
Pengaduan
0
Kunjungan
Hari Ini